Rabu, 19 Maret 2008

Proposal pembangunan masjid


Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. (QS Ali Imran [3]: 110).


Salah satu kelengkapan dalam lingkungan perumahan adalah rumah ibadah, apalagi sebuah kompleks perumahan yang dihuni oleh mayoritas beragama Islam. Bagi kaum muslimin masjid merupakan titik awal dan titik akhir dalam beraktifitas, baik beribadah mahdhoh maupun beribadah mu’amalah. Masjid sebagai penyempurna dalam upaya mendapatkan gelar umat terbaik dari Allah SWT, yang berperan sebagai tempat menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Karena masjid adalah pusat pembinaan, memakmurkan ummat, membimbing, ummat taat beribadah, dan menuntun ummat memperbaiki kehidupan lingkungan.

Tantangan saat ini dalam pembangunan yang lebih mengutamakan pembangunan fisik (materi) semata telah mengakibatkan munculnya manusia-manusia yang haus akan sentuhan pembangunan rohani (spiritual). Akibat lebih jauh pembangunan yang demikian itu adalah ditinggalkannya agama dalam makna hidup mereka (sekulerisme). Dan untuk menyikapi laju pembangunan seperti ini kehadiran masjid, sebuah ruang publik, di sebuah kompleks perumahan merupakan sesuatu yang sangat penting dan mendesak. Kehadiran masjid di sekitar kompleks perumahan akan menjadi tempat mengingat kebesaran sang pencipa (mushola), sebagai tempat belajar (madrasah), dan pusat kegiatan masyarakat.

Sehingga, berbagai masalah ummat Islam dimusyawarahkan di masjid. Sedangkan perbuatan baik dalam hal ibadah sosial kemasyarakatan, pelaksanaannya dapat dikerjakan sendiri per orang maupun bersama-sama di lingkungan masjid atau jamaah masjid.
Seperti di kompleks perumahan Kawasan Kelapa Gading Kota Serang Baru (KSB), Serang-Banten, dengan 450 rumah hunian, kehadiran masjid sangatlah penting. Apalagi dengan hampir ½ bangunan rumah yang dibangun telah berpenghuni, yang mayoritas beragama Islam (96%). Kehadiran sebuah masjid menjadi suatu kebutuhan yang tak dapat dinomorkeduakan. Sehingga, dengan keberadaan masjid di lingkungan kompleks perumahan baru ini kehidupan masyarakat akan memunyai arah yang jelas. Sebuah arah kehidupan sesuai dengan ajaran Islam yang mencakup kehidupan rohani dan jasmani, dunia dan akhirat, lahir dan bathin.

Alhamdulillah sejak 18 September 2005 pembangunan masjid berhasil dilakukan dan sampai 31 Desember 2006 telah mencapai 50% dari total proyek dengan nilai biaya Rp 444.256.139,89. Insya Allah Januari 2007 pembangunan tahap selanjutnya akan dilakukan.


B. TUJUAN

“Barang siapa membangun (mendirikan) masjid karena Allah, maka Allah akan mendirikan bangunan (rumah) di surga” (HR. Bukhori Muslim).

Tujuan utama dari pembangunan masjid di lingkungan kompleks Kawasan Kelapa Gading adalah sebagai tempat beribadah kepada Allah SWT. Selain sebagai sarana ibadah, masjid di kawasan ini juga akan difungsikan sebagai:
1. Tempat syiar Agama Islam;
2. Tempat Pendidikan Agama Islam;
3. Tempat kegiatan sosial kemasyarakatan (ukhuwah Islamiyah).

C. WAKTU PELAKSANAAN
Pembangunan masjid ini mulai dilaksanakan sejak 18 September 2005. Sampai bulan Desember 20056 telah mencapai 50% dari jumlah total proyek (100%). Dan direncanakan akan selesai pada bulan Juni 2008.

D. PELAKSANA
Proyek pembangunan masjid ini teknis pelaksanaanya dipegang oleh: Panitia yang telah ditunjuk berdasar pada rapat warga Kawasan Kelapa Gading tanggal 17 Septemer 2005. (terlampir).
Alamat sekretariat: Kawasan Kelapa Gading Blok T No. 15, Kota Serang Baru (KSB), Serang – Banten, tlp: 0254-214561.
Kontak person: Joni Sah (081315090510).


E. PENDANAAN
Besarnya dana yang dibutuhkan Rp 485.256.000,-
Dana pembangunan masjid di kawasan telah didapatkan dari:
1. Donatur utama Rp 270.000.000,-
2. Sumbangan warga Kawasan Kelapa Gading, Rp 20.000.000,
Untuk kekurangan dana (Rp 195.256.000,-) pembangunan masjid direncanakan didapatkan dari:
1. Sumbangan warga Kawasan Kelapa Gading, Kota Serang Baru;
2. Donatur;
3. Zakat, infaq, dan shodaqoh.
4. Sumbangan lain yang halal

F. PENUTUP
Demikian proposal ini kami susun. Kami berharap doa dan dukungan dari semua pihak demi kelancaran rencana pembangunan masjid di kawasan Kelapa Gading guna menciptakan lingkungan islami dan penuh rahmat.

Serang, Januari 2007

Panitia Pembangunan Masjid Amnah Khojah Bakkah

Ir. Joni Sah
Ketua Panitia

Radjimo Sastrowi
Sekretaris

Tidak ada komentar:


Bersama

Pengunjung ke

Gang Raflesia

Jl. Raflesia, Kawasan Kelapagading Blok S-T, Kota Serang Baru,
Banten, Indonesia 42122