Selasa, 11 Maret 2008

Kematian Ibu-Bayi Masih Tinggi

SERANG- Angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) di Kota Serang masih terbilang tinggi.

Kepala Dinas Kesehatan dan Sosial (Dinkessos) Kota Serang Asep Misbach menyebutkan, AKI/AKB di Kota Serang masih berada di atas batas normal.
Dikatakan, berdasarkan hasil penelitian, AKI/AKB di Kota Serang berada pada angka 400/100 ribu angka kelahiran. “Padahal batas normal maksimalnya adalah 307/100 ribu,” jelasnya, Kamis (6/3).

Asep menyebutkan, AKI/AKB merupakan salah satu indikator bidang kesehatan pada indeks pembangunan manusia. Menurut Asep, masih tingginya angka kematian pada proses kelahiran ini dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang mencapai 40%, perilaku tak sehat (35%), dan pelayanan kesehatan (25%). “Sisanya adalah pengaruh genetik. Yang paling dominan adalah pengaruh lingkungan dan perilaku yang tidak sehat,” jelasnya.
Ia menambahkan, untuk menekan angka kematian ibu dan bayi ini, Pemkot Serang akan berupaya melakukan revitalisasi posyandu. Posyandu diharapkan menjadi ujung tombak dalam mendeteksi secara dini status kesehatan masyarakat. Kendati demikian, ia menegaskan, langkah revitalisasi posyandu harus mendapat dukungan dari masyarakat dan seluruh stakeholder. “Posyandu itu merupakan upaya pelayanan semua pihak, tak hanya pelayanan kesehatan. Di dalamnya juga harus ada penyuluhan, dan upaya lainnya adalah peningkatan kesadaran kesehatan,” jelasnya.

Di tempat berbeda Najib Halimi, anggota Fraksi Ukhuwah DPRD Kota Serang, mengutarakan, tingginya angka kematian AKI/AKB harus mendapat perhatian serius pemkot. “Harus ada upaya maksimal untuk menekan angka AKI/AKB agar sumber daya manusia (SDM) tidak hilang,” ujar politikus asal PAN ini.

Najib menambahkan, bila tidak ada perhatian dari pemkot dikhawatirkan berimbas pada masa depan SDM. “Dewan akan mendukung langkah-langkah antisipatif dari pemkot,” pungkasnya. (fau/alt)

Sumber: www.radarbanten.com, Sabtu, 08-Maret-2008,

Tidak ada komentar:


Bersama

Pengunjung ke

Gang Raflesia

Jl. Raflesia, Kawasan Kelapagading Blok S-T, Kota Serang Baru,
Banten, Indonesia 42122