Sabtu, 13 Februari 2010

KWK I 2010

RUKUN DAN SEHAT ITU PERLU

Menyadari arti penting sebuah kerukunan di sebuah lingkungan permukiman, warga Kelapa Gading (RW 10), kembali mengadakan acara Kerukunan Warga Kelapagading (KWK). Acara yang difasilitasi RW 10 pada hari Minggu, 14 Februari 2010, ini secara teknis dikerjakan warga RT 06. Di bawah koordinator kepala RT 06, Siswanto, acara sudah dipersiapkan sejak pukul 05.30. Sebagai awal pekerjaan panitia diantaranya: mempersiapkan soundsistem, meja dan kursi stand, kebersihan lapangan, dll.


Setelah dirasa siap, dan sebagian warga sudah mulai berdatangan ke Lapangan Fasum RW 10, suara musik beserta suara pembawa acara menjadi penyemangat kegiatan rutin yang akan diselenggarakan setiap dua bulan sekali itu. Musik ndangdut mix diselingi suara-suara ajakan dari Pak Iwan dan Pak Nardi seolah memecah keheningan pagi yang selalu ada di kawasan baru ini. Tak berjarak lama dengan pukul 07.00 wib, kegiatan pertama KWK, senam pagi yang dipimpin instruktur senam bu Bambang dimulai. Lapangan penuh sesak oleh warga yang mengikuti senam kesegaran yang diiringi musik dangdut mix. Ibu-ibu berada dibarisan depan, diikuti barisan bapak-bapak dan anak-anak. Sementara itu, warga yang tidak tertampung dalam mengikuti senam ada di sekeliling lapangan. Ada warga yang duduk-duduk sambil berbincang, ada yang mengasuh anak, ada yang berdagang, yang semua menampakkan wajah kerukunan.






Kurang lebih setengah jam senam bersama berlangsung, acara kemudian dilanjutkan dengan makan pagi bersama. Secara rapi, warga bergiliran mengambil menu makanan pagi gratis. Ibu-ibu, bapak-bapak, pemuda-pemudi dan anak-anak usai mendapatkan sepiring menu pagi langsung mencari posisi untuk bercengkrama dengan warga yang lain. Di sela-sela memenuhi kebutuhan biologis, makan pagi, panitia mengumumkan penghargaan bagi balita dan batita yang rajin ke Posyandu. Penghargaan ini dimakudkan agar warga RW 10 mencintai dan mensyukuri kesehatan. Selain itu, dengan maksud untuk mencipkatakan warga yang sehat pula, Posyandu juga membuka stand cek cek-up kesehatan, berupa pengukuran tensi darah, pada KWK pertama di tahun 2010 ini.







Tanpa dikomando, antarwarga berkumpul dan bercengkrama sembari menunggu pengumuman undian door prise. Selain itu, sebagian warga juga asyik mengunjungi stand basar.

Rangkaian acara demi mempertemukan dan menjalin kerukunan warga warga bernama KWK ini memang bukan yang pertama, tapi sudah berlangsung ketika RW 10 masih bergabung ke dalam RW 8 (Permata Hijau). Ketika itu KWK kepanjangan dari Kerukunan Warga Kota Serang Baru, di bawah koordinasi RW 8. Pada saat masih bergabung (2001-2008), KWK diadakan setiap tiga bulan sekali. KWK RW 8 diadakan pertama pada tahun 2006. Setelah semua RT mendapat giliran menjadi tuan rumah dan panitia, waktu itu hanya terdiri dari 5 RT, entah alasan apa KWK juga berhenti. Seiring perkembangan warga, pembelahan lembaga administrasi RW di bawah kelurahan ini terjadi pada pertengahan 2008. Dengan terbelahnya RW 8 menjadi dua: RW 8 (Permata Hijau) dan RW 10 (Kelapa Gading), untuk RW 10 dengan ketua RW barunya malah menjadikan KWK diadakan lagi. Jadi KWK tanggal 14 Februari ini merupakan KWK yang keempat kali diadakan di RW 10, Kawasan Kelapa Gading.

Cuaca mendung dan hembusan angin tidak terlalu kencang. Kondisi ini memancing sebagian warga untuk mengadakan latihan bulutangkis. Dan ketika secara resmi acara KWK ditutup, sebagian warga mempersiapkan lapangan bulutangkis. Semetara itu, panitia masih sibuk memberesi peralatan dan membersihkan lapangan yang memang lebih kotor dari biasanya. Karunia Allah SWT memang tiada batas, rencana warga untuk menjalin kerukunan dan mensyukuri kesehatan Alhamdulillah hari ini terlaksana dengan baik dan sukses.




Tidak ada komentar:


Bersama

Pengunjung ke

Gang Raflesia

Jl. Raflesia, Kawasan Kelapagading Blok S-T, Kota Serang Baru,
Banten, Indonesia 42122